Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Mudah & Akurat

Artikel cara mengetik 10 jari dengan cepat tanpa melihat keyboard (papan ketik) ini dibuat sebagai jawaban atas pertanyaan salah satu rekan kantor saya dulu di Perum Bulog yang bernama Iswandi, "Dek kenceng banget ngetiknya, cara mengetik 10 jari dengan benar dan cepat bagaimana ya? Tanpa melihat pula?"

Kenapa saya bisa mengetik 10 jari dengan cepat?

Jadi, salah satu materi yang ada di sekolah saya dulu, SMK dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ); mengharuskan kami (satu kelas) untuk bisa mengetik dengan sepuluh jari. Pertama, dilakukan dengan cara melihat papan ketik, selanjutnya mengetik tanpa melihat keyboard.

Dibilang sulit, pastinya sulit. Tapi itu di awal.

Jika sudah terbiasa, dalam keadaan gelap atau layar laptop/komputer ditutup dengan selembar kertas pun; kita masih bisa mengetik dengan sangat leluasa, tanpa kesalahan ketik, dalam artian 100% sempurna.

Manfaat dan Tujuan Bisa Mengetik 10 Jari dengan Cepat


Jangan lupa kalau saat ini kita hidup di era dengan perkembangan teknologi komputerisasi yang terus berkembang pesat dari hari ke hari. Skill ini sangat dibutuhkan bagi pegawai kantoran yang bekerja di bidang komputer; contohnya seperti penulis (mencatat segala sesuatu di kantor tersebut), sekretaris, eksekutif, atau pun seorang blogger.

Kenapa dibutuhkan? Untuk menghemat atau mengefisienkan waktu agar menjadi lebih baik lagi, atau memberikan kita kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya; coba bandingkan dari pada terus berkutat dan menghabiskan banyak waktu hanya di depan komputer/latop hanya karena ketikan kita cukup lambat.

Apalagi, skill mengetik dengan sepuluh jari ini merupakan nilai plus (+) agar kita bisa diterima dengan mudah oleh perusahaan - apabila kita melamar pekerjaan. Apalagi skill ini juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan tertentu yang mengedepankan pekerjaan cepat dan tepat.

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Mudah & Akurat
(c) Pexels, Rigor, dan Arief Ghozaly

Apalagi ya keuntungan bisa mengetik 10 jari...?! Oh iya, kita bisa dengan cepat mengejar dan menyelesaikan semua deadline yang ada. Kalian sebagai mahasiswa pun bisa dengan mudah dan cepatnya menyelesaikan proposal seminar dan sidang dalam waktu yang singkat.

Dengan kemampuan mengetik 10 jari pun, kalian juga bisa membuka layanan dan jasa mengetik bagi yang membutuhkannya. Bagaimana? Ada sangat banyak kelebihannya, kan?

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Mudah & Akurat


Pada tahap pertama ini; kalian harus bisa menghafal dan memahami jari-jari mana saja yang berfungsi dan ditugaskan untuk menekan sekumpulan tombol yang telah ditentukan.

Contohnya seperti jari manis (tangan kiri), ditugaskan untuk menekan tombol yang merangkap tombol angka 2, huruf E, D, dan C dalam waktu bersamaan. Itu baru satu jari, belum lagi jari lainnya.

Sebagai gambarannya, coba lihat gambar di bawah ini:

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Mudah & Akurat
(c) Keyhero.com dan Arief Ghozaly

Ok... Mari kita praktekan. Pada tangan kiri; coba letakkan jari kelingking pada huruf A, jari manis pada S, jari tengah pada huruf D, dan jari telunjuk pada huruf F. Singkatnya, ke 4 jari pada tangan kiri merangkap huruf A-S-D-F (F dan G).

Selanjutnya, pada tangan kanan. Posisikan jari telunjuk pada huruf J, jari tengah pada huruf K, jari manis pada huruf L, dan jari kelingking pada simbol titik-dua (:) dan/atau titik-koma (;). Singkatnya, ke 4 jari pada tangan kanan merangkap huruf J (H dan J) -K-L-:/;.

Perhatikan gambar di atas, pada warna Hijau dan Oranye. Masing-masing dari jari telunjuk merangkap 2 baris huruf (dan angka) dalam satu waktu. Jari telunjuk (tangan kiri) merangkap RFV dan TGB, sedangkan jari telunjuk satunya lagi (tangan kanan) merangkap YHN dan UJM.

Nah bagaimana dengan jari jempol atau ibu jari tangan?

Selalu ingat, fungsi dari ibu jari tangan itu bertugas untuk menekan tombol spasi. Sesekali menekan tombol Windows (logo) atau Menu. Lihat lagi gambar di atas biar jelas.

Itu baru dasar-dasar mengetik 10 jari dengan cepat, mudah, dan akurat.

Pada tahap kedua atau selanjutnya; coba lihat lagi gambar di atas. Jari kelingking pada tangan kiri, merangkap 10 jenis tombol yang ada di keyboard; diantaranya seperti Q, A, Z, CTRL, Esc, Tabs, Caps Lock, dan seterusnya.

Contoh lainnya yakni jari telunjuk pada tangan kanan; merangkap angka 6 dan 7, lalu merangkap huruf Y, H, N, U, J, dan M.

Nah terakhirnya adalah silakan hafal dan pahami rangkapan tombol dari masing-masing jari tersebut. Sekali lagi, perhatikan gambar di atas sejelas-jelas mungkin.

Pada tahap ketiga atau selanjutnya; biasakan mengetik sebuah kata, lalu diikuti dengan satu buah kalimat. Contohnya, awali dengan kata "anonim", lalu buat kalimat seperti ini: "anonim adalah persamaan kata."

Gak masalah kalau kalian melihat papan ketik, kan masih belajar :)

Jika sudah terbiasa atau agak lancar mengetik dengan 10 jari, coba tutup layar laptop atau komputer dengan selembar kertas. Atau... turunin layar laptop agak menurun agar kalian tidak "terpacu" untuk melihat layar.

Kenapa layar harus ditutup? Manfaat dan tujuannya adalah untuk menguji kemampuan serta keahlian kalian sudah sampai pada batas mana. Jika dirasa sudah Ok, selanjutnya memanfaatkan aplikasi.


Aplikasi di atas adalah program aplikasi untuk menguji dan mengetes kecepatan serta keakuratan pengetikan yang dilakukan oleh kalian masing-masing. Nanti akan ada waktu dan hasilnya tentang seberapa besar penguasaan kalian terhadap apa yang sudah kalian pelajari sebelumnya.

Gak mau download aplikasi? Bisa juga dilakukan dengan cara belajar mengetik 10 jari secara online dan gratis. Situsnya yang mana? Ada kok, nih! TypingSpeed Typing Online, Typing Test, dan Typing Test Indonesian.

Sebenarnya ada banyak aplikasi atau situs yang menyediakan mengetik 10 jari secara online. Kalian bisa pilih satu per satu sesuai dengan yang kalian inginkan.

Apalagi di dalamnya terdapat fitur metrik (perhitungan) tentang kesalahan ketik yang dilakukan, hitungan kata per menit yang diselesaikan, dan banyak lagi. Yang menariknya, kita juga akan berkompetisi dengan orang lain di dalam situs web atau aplikasi tersebut. Yang nilainya tertinggi, biasanya namanya akan tertulis pada aplikasi atau situs tersebut.

Patokan Jari ketika Gelap (Mati Listrik)


Anggaplah dalam suatu kasus, pihak PLN memutuskan untuk mematikan aliran listrik ke rumah kalian. Karena situasi dan kondisinya yang gelap, bagaimana kita meletakkan jari-jari kita di atas papan ketik?

Perhatikan tombol (tuts) pada huruf F dan J pada keyboard. Ada sebuah tonjolan, guratan, atau benjolan kecil. Nah apa fungsinya? Fungsinya adalah sebagai patokan penempatan posisi jari telunjuk dari masing-masing kedua tangan.

Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Mudah & Akurat
(c) TribunNews

Jadi, selama ada tonjolan (jika sudah paham dan lancar mengetik 10 jari dengan baik) tersebut, kalian gak perlu lagi bingung apabila kondisi ruangan gelap gulita. Cukup meraba-raba, ahaaa...!!! Ketikan pun bisa dilanjutkan :)

Nah demikianlah panduan belajar kita kali ini tentang tutorial, tips dan trik cara mengetik 10 jari dengan benar, baik, cepat, mudah, dan akurat. Ada hal yang mau ditanyakan? Saya bantuin, kok!

Labels: Fakta Rahasia

Thanks for reading Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Mudah & Akurat. Please share this article.

Mau dapat artikel gratis di setiap harinya? Daftarin email kamu sekarang juga! Gratis dan bukan spam!

0 Response to "Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat, Mudah & Akurat"

Post a Comment

Artikel yang ada di sini, ditulis oleh Arief Ghozaly berdasarkan keahlian dan pengalamannya, - alumni jurusan TKJ di SMK tahun 2012.

Jika ada yang kurang dimengerti, mohon ditanyakan. Bisa juga dilakukan melalui halaman konsultasi. Cek dibagian Navigasi Menu dari situs ini - dibagian paling atas.

Gunakan akun Google+ ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2