Cara Menggunakan Count dan CountIF di Ms. Excel

Menghitung nilai rata-rata dengan rumus Max dan Min di Ms. Excel berbeda cara perhitungannya yang menggunakan rumus Count dan CountIF.

Biar kalian gak bingung, contohnya saja seperti di dalam ruang kelas sekolah.

Rumus yang dinamakan Count ini berfungsi menjumlahkan nama-nama siswa yang berpatisipasi di dalam kelas; sedangkan CountIF bertugas menemukan berapa siswa yang mendapatkan nilai terbaik/terendah (tertentu) di dalamnya.

Cara Menggunakan Count dan CountIF di Ms. Excel


Buat dulu tabel seperti dibawah ini... pastikan nama dan angkanya sama seperti yang ada di gambar.

Cara Menggunakan Count dan CountIF di Ms. Excel

Jika tabelnya sudah dibuat, perhatikan lagi kolom D11 dan D12. Untuk Cell D11 diisi dengan rumus =COUNT(D4:D10), sedangkan Cell D12 diisi dengan rumus =COUNTIF(D4:D10;8).

Maknanya seperti ini... Cell D11 menjelaskan bahwa ada 7 siswa yang masuk (berpatisipasi) di dalam kelas tersebut

Untuk Cell D12, saya menambahkan angka 8 di dalamnya. =COUNTIF(D4:D10;8) yang berarti saya harus menemukan ada berapa siswa yang mendapatkan nilai 8 di dalam kelas tersebut. Hasilnya? 2 orang.

Labels: Tips Trik Cara Microsoft Excel

Thanks for reading Cara Menggunakan Count dan CountIF di Ms. Excel. Please share this article.

Mau dapat artikel gratis di setiap harinya? Daftarin email kamu sekarang juga! Gratis dan bukan spam!

0 Response to "Cara Menggunakan Count dan CountIF di Ms. Excel"

Post a Comment

Artikel yang ada di sini, ditulis oleh Arief Ghozaly berdasarkan keahlian dan pengalamannya, - alumni jurusan TKJ di SMK tahun 2012.

Jika ada yang kurang dimengerti, mohon ditanyakan. Bisa juga dilakukan melalui halaman konsultasi. Cek dibagian Navigasi Menu dari situs ini - dibagian paling atas.

Gunakan akun Google+ ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2