Cara Mengatur Jarak/Spasi Paragraf di Ms. Word

Yang saya tau, salah satu hal yang perlu diperhatikan sama anak Jurnalistik adalah karya tulisnya; tentang bagaimana cara mereka mengetik, mengatur posisi, jarak, huruf, dan banyak lagi.

Beberapa diantaranya yang menurut saya paling vital adalah jenis huruf yang digunakan dan jarak paragraf yang diperlukan.

Ok... untuk jenis huruf, itu terserah sama kalian. Mau itu Times New Roman, Calibri, Tahoma, atau apa aja... itu terserah. Yang bakal saya bahas kali ini adalah cara mengatur spasi paragraf per paragraf di Microsoft Word.

Cara Mengatur Jarak/Spasi Paragraf di Ms. Word


Secara default, spasi paragraf per paragraf pada program aplikasi Ms. Word sama sekali gak beraturan. Kesannya berantakan banget.

Nah agar teks di Ms. Word terlihat menjadi lebih rapi, cukup implementasikan tutorial gambar di bawah ini secara seksama...!!!

Cara Mengatur Jarak/Spasi Paragraf di Ms. Word

Pada gambar di atas, itu masih bawaan aplikasi Ms. Word. Secara otomatis ada jaraknya antara alinea per alinea. Ingat ya, itu terjadi secara otomatis.

Bagi saya... yang telah mengenal Ms. Word selama lebih 9 tahun lamanya, jarak spasi paragraf per paragraf sebagaimana gambar No. 1 di atas itu gak rekomendasi banget.

Kesannya abal2 banget. Nah biar terlihat lebih rapi, berikut prakteknya!

  1. Selesaikan dulu teksnya sampai habis
  2. Block semua teks
  3. Pada Line Spacing, atur jaraknya menjadi 1,15
  4. Jangan lupa klik sekali pada Remove Space after Paragraph

Pada saat yang bersamaan, jarak spasi alinea per alinea pada dokumen itu pun menjadi rapat dan terlihat lebih rapi dari pada sebelumnya. Coba liat gambar dibawah ini:

Cara Mengatur Jarak/Spasi Paragraf di Ms. Word

Gimana? Paham dan menarik, kan?

Labels: Tips Trik Cara Microsoft Word

Thanks for reading Cara Mengatur Jarak/Spasi Paragraf di Ms. Word. Please share this article.

Mau dapat artikel gratis di setiap harinya? Daftarin email kamu sekarang juga! Gratis dan bukan spam!

0 Response to "Cara Mengatur Jarak/Spasi Paragraf di Ms. Word"

Post a Comment

Artikel yang ada di sini, ditulis oleh Arief Ghozaly berdasarkan keahlian dan pengalamannya, - alumni jurusan TKJ di SMK tahun 2012.

Jika ada yang kurang dimengerti, mohon ditanyakan. Bisa juga dilakukan melalui halaman konsultasi. Cek dibagian Navigasi Menu dari situs ini - dibagian paling atas.

Gunakan akun Google+ ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2